Kamis, 16 Juni 2016

Hal Menarik Yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Kalimantan Selatan















Assalamualaikum Wr. Wb.
Hy guys… Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai hal menarik mengenai tanah kelahiran saya yaitu Kalimantan Selatan. Berbicara mengenai hal menarik, ataupun hal unik dari suatu daerah memang memiliki daya tarik sendiri bagi sebagian orang dan tak akan pernah habis membahasnya apabila kita terus mengupas hal-hal tersebut, begitu juga dengan daerah yang satu ini yaitu Kalimantan Selatan yang terkenal dengan , saya akan membahas sebagian kecil dari daerah ini seperti makanan khas, alat musik daerah, dan masih banyak lagi.
Kalimantan Selatan adalah Provinsi yang terletak di selatan Pulau Kalimantan dengan ibukota Banjarmasin. Kalimantan Selatan terkenal karena memiliki primata berhidung besar yang biasa disebut bekantan dan juga dikenal sebagai daerah penghasil batubara, dan minyak. Tidak hanya itu saja, masih banyak hal menarik dari Kalimantan Selatan, langsung saja cek postingan dibawah ini…

1). Pendulangan Intan

















Mungkin tidak banyak yang tahu, bila Intan-intan yang banyak dijual di Kota Intan-Martapura berasal dari tanah intan yang sebenarnya terdapat di Banjarbaru, tepatnya di Desa Pumpung-Cempaka. Desa merupakan satu-satunya tempat pendulangan intan di Indonesia dan bahkan di dunia yang masih menggunakan cara tradisional. Sebagian penduduk di desa pumpung ini bekerja sebagai pendulang intan. Di Desa Pumpung ini penduduknya masih asli dan telah bekerja menjadi pendulang intan secara turun-temurun sejak masa Hindia-Belanda.
Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini anda dapat menggunakan alat transportasi yang ada seperti taksi, ojek, ataupun angkot dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit dari Bandara Syamsudin Noor. Kalau dari tempat tinggal saya mungkin sekitar 5 sampai 8 menit kita sudah bisa berada di tempat. Dan jika anda beruntung anda bisa langsung menyaksikan para pendulang mendapatkan intan langsung dari perut bumi.

2). Pasar Terapung
















Ciri khas lainnya dari Kalimantan Selatan adalah pasar terapungnya. Terdapat dua pasar terapung yang masih aktif hingga saat ini, salah satunya ialah Pasar Terapung Muara Kuin yang berada di atas Sungai Barito, Banjarmasin. Pasar ini buka mulai pagi hari yaitu dari pukul 05.00 sampai pukul 07.00 WITA. Para penjual disini kebanyakan adalah perempuan dan penjual dan pembeli bertransaksi menggunakan jukung atau perahu. Barang yang diperjualbelikan di pasar ini sangat beragam mulai dari buah-buahan, sayur mayur, ikan, dan juga ada warung diatas perahu yang menjual makanan jadi.  Pasar ini sebenarnya juga merupakan tempat wisata alternatif di Kalimantan Selatan yang dapat anda kunjungi bersama keluarga. Anda bisa merasakan sensasi baru bagaimana aktifitas jual-beli yang dilakukan di atas air.

3). Bekantan

















Hewan primata bernama bekantan banyak ditemui di Pulau Kalimantan. Di Kalimantan Selatan, hewan ini tersebar di hutan-hutannya seperti di Pulau Bakut, misalnya. Tak heran jika hewan ini juga dijadikan ikon Provinsi Kalimantan Selatan selain pasar terapung. Di Banjarmasin sebagai ibu kota Kalimantan Selatan, baru-baru ini ada patung bekantan yang cukup besar. Di Banjarmasin, tepatnya di jalan Piere Tendean diseberang siring sungai martapura dan menara pandangnya. Sejak tahun 2015 ini telah dibangun sebuah patung maskot yang mengambil model dari binatang khas Kalsel yaitu Monyet Bekantan atau nama Ilmiahnya Nasalis Larvatus.

4). Rumah Adat Bubungan Tinggi

















Ini adalah rumah tradisional Banjar, berbentuk rumah dengan kolong yang tinggi sehingga dinamakan bubungan tinggi. Kolong yang tinggi berfungsi melindungi penghuni dari binatang buas darat dan perkembangan selanjutnya ada juga yang menggunakan sebagai kandang ternak. Di dalam kompleks keraton Banjar dahulu kala bangunan rumah Bubungan Tinggi merupakan pusat atau sentral dari keraton yang menjadi istana kediaman raja yang disebut Dalam Sirap yang dahulu tepat di depan rumah tersebut dibangun sebuah Balai Seba pada tahaun 1780 pada masa pemerintahan Panembahan Batuah.

5). Sasirangan













Kain sasirangan merupakan kerajinan khas dari Kalimantan Selatan. Kain ini dulunya sebagai pakaian adat yang dipakai pada upacara-upacara adat, bahkan digunakan pada pengobatan orang sakit. Tapi saat ini, kain sasirangan tidak lagi digunakan untuk spiritual tapi sasirangan sudah menjadi pakaian untuk kegiatan sehari-hari,misalnya seragam sekolah. Di Kalsel, kain sasirangan merupakan salah satu kerajinan khas daerah yang perlu dilestarikan dan dikembangkan. Kata “Sasirangan” berasal dari kata sirang (bahasa banjar) yang berarti diikat atau dijahit dengan tangan dan ditarik benangnya.

6). Soto Banjar

















Rasanya tidak lengkap jika ke Kalimantan Selatan belum mencicipi makanan yang satu ini, yeppp… soto banjar, berbeda dengan soto pada umumnya yang dikenal sebagai makanan nasi yang berkuah seperti Soto Ayam, Soto Betawi dll, tapi kalau soto Banjar tidak menggunakan nasi melainkan ketupat.

7). Nasi Kuning Masak Habang















Nasi kuning khas banjar ini berbeda dengan nasi kuning yang lainnya, nasi kuning ini memiliki keunikan tersendiri yaitu menggunakan bumbu habang atau bumbu merah yang dicampur dengan ikan haruan, namun lauknya lebih dikembangkan lagi dengan menggantinya menggunakan ayam ataupun telur. Nasi kuning bumbu habang sangat mudah dijumpai di warung makan yang ada di banjar, dan biasanya nasi kuning ini dibungkus menggunkan daun pisang dan dijual di pagi hari untuk dijadikan sarapan. Meskipun bumbu habang ini didapat dari cabai namun rasa dari bumbu ini cenderung manis dan gurih karena dicampur dengan rempah-rempah dan bumbu lainnya.

8). Ketupat Kandangan














Sesuai namanya guys, ketupat kandangan berasal dari kandangan, kalimantan selatan. Bahan untuk membuat ketupat itu sendiri tentu saja berasal dari beras. Ciri khas dari ketupat kandangan ini adalah lauknya yang menggunakan ikan haruan dengan kuah santan yang sudah dicampur dengan berbagai macam rempah-rempah.

9). Kelelepon Buntut















Kelelepon buntut adalah makanan dari Martapura, Kalimantan Selatan. Anda dapat dengan mudah menemukan penjual kelelepon di Martapura karena banyaknya penjual yang berdagang. Tak afdol rasanya jika anda berkunjung ke Martapura tidak mencicipi kue yang terbuat dari ketan dengan isian gula merah dan ditabura dengan kelapa parut ini.

10). Tarian Khas Kalimantan Selatan


















Kemudian kita akan membahas mengenai tarian dari kalimantan selatan karena dari tadi kita terus saja membahas mengenai makanan yang enak dan bisa saja nantinya kita tergiur untuk memcicipinya dan bisa membatalkan puasa wkwk. Kalimantan Selatan memiliki beberapa tarian daerah diantaranya tarian galuh marikit, tarian radap rahayu , tarian baksa kembang, baksa kipas, dan tarian kuda alas. Tarian-tarian tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda misalnya tari baksa kembang yang memiliki fungsi sebagai penyambut tamu sedangakan tari radap rahayu dilakukan pada upacara kehamilan, kematian, dan pernikahan .

Okeeee itu tadi adalah beberapa hal mengenai daerah saya, mungkin post ini masih terlalu sedikit untuk menjelaskan tentang budaya daerah saya. Intinya adalah bagaimana kita sebagai generasi muda menjaga dan melestarikan budaya-budaya ini agara kelak nantinya anak cucu kita masih bisa menikmati keragaman ini wkwk… Akhir kata
 Wassalamualaikum Wr.Wb.


0 komentar:

Posting Komentar