Kamis, 16 Juni 2016

Kemajuan Dan Perkembangan Teknologi - Bidang Transportasi
























Assalamualaikum Wr. Wb.

Kali ini kita akan membahas mengenai kemajuan dan perkembangan teknologi dari waktu ke waktu. Perkembangan teknologi terus mengalami inovasi dan perkembangan dalam berbagai bidang kehidupan. Perkembangan teknologi ini dimaksud untuk mempermudah aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-harimisalnya pergi ke sekolah menggunakan bis tentunya lebih mudah dibandingkan dulu yang hanya  dapat sampai ke sekolah dengan berjalan kaki. Manusia pada saat ini memang tidak bisa terlepas dengan yang namanya teknologi, apalagi di zaman modern dan era globalisasi ini kita dituntut untuk bisa menggunakan teknolgi yang ada agar kita dapat terus menjalani kehidupan dengan lebih mudah. Berikut pembahasan mengenai perkembangan teknologi transportasi baik darat, udara, ataupun laut.

1) Transportasi darat









Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi yang masih sederhana yaitu alat transportasi seperti pedati, delman, dan kuda merupakan alat transportasi andalan dan populer pada masanya. Teknologi transportasi tersebut masih menggunakan tenaga hewan dan manusia. Kemampuan jelajahnya juga masih sangat terbatas dan memerlukan waktu yang lama. Sekarang orang masih menggunakan alat transportasi tersebut namun tidak menjadi alat utama. Seringkali kuda dan delman digunakan sebagai sarana rekreasi saja.
Sejak ditemukan mesin uap, berkembang pula kendaraan bermesin lainnya. Alat transportasi bermesin seperti sepeda motor, mobil, kereta api merupakan alat transportasi yang modern dan banyak digandrungi orang pada masa ini. Dengan alat transportasi tersebut, jarak jauh dapat ditempuh dalam waktu yang singkat.

2) Transportasi air
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air seperti perahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air. Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai landasan untuk pesawat tempur, kapal ini adalah kapal militer yang disebut kapal induk.

3) Transportasi Udara
Masyarakat pada zaman dulu tidak memiliki transportasi di udara. Mungkin zaman dulu transportasi udara yang paling canggih adalah balon udara, itupun kegunaannya tidak bisa terus diandalkan karena kapasitas angkut yang sedikit dan berbahaya sebab pengetahuan mengenai iklim dan cuaca masih minim. Perjalanan pesawat terbang lebih cepat dibandingkan dengan angkutan darat atau angkutan laut. Sekarang terdapat berbagai jenis alat angkutan udara antara lain helikopter, pesawat tempur serta pesawat penumpang. Bahkan kini manusia dapat menjelajah luar angkasa dengan menggunakan pesawat luar angkasa.

Perlu ditekankan lagi bahwa perkembangan teknologi tidak hanya terjadi pada transportasi saja melainkan pada seluruh bidang kehidupan seperti militer, kesehatan, komunikasi, dll. Namun, perkembangan teknologi ini lambat laun memiliki dampak negatif seperti polusi udara akibat semakin banyaknya kendaraan bermotor. Kita hatus bersikap bijak dalam menghadapi perkembangan teknologi ini agar dampak yang ditimbulkan dapat kita minimalisir dan kita juga dapat mengambil hal positifnya. Akhir kata 
Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar